Products

Cara Mengisi Bukti Dukung Ekinerja Di PMM (Platform Merdeka Mengajar)

Table of Contents

Mengisi bukti dukung eKinerja di Platform Merdeka Mengajar merupakan langkah penting yang mencerminkan dedikasi seorang pendidik dalam memajukan dunia pendidikan. Meskipun merupakan proses administratif, pengisian bukti dukung ini seharusnya dianggap sebagai sarana bagi para pendidik untuk mengekspresikan perjalanan, tantangan, serta inovasi yang mereka hadapi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Bagi beberapa individu, pengisian bukti dukung ini bisa menjadi sebuah tantangan, terutama bagi mereka yang baru mengenal platform ini. Oleh karena itu, pemahaman mendalam mengenai langkah-langkah yang diperlukan dalam proses ini akan memberikan bekal bagi para pendidik untuk lebih efektif merefleksikan kontribusi serta pencapaian mereka dalam dunia pendidikan.


Pada awal bulan Januari 2024 pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah wajib diisi bagi PNS. Yang mana pengisian tersebut harus melalui aplikasi Platform Merdeka Mengajar atau yang lebih dikenal dengan sistem PMM untuk mendukung Ekinerja Di PMM.


Perencanaan kinerja guru tersebut untuk saat ini harus diisi melalui PMM tidak lagi menggunakan e-kinerja PMM BKN. Akan tetapi yang mana sebelumnya telah jelas terintegrasi dengan e-kinerja dari BKN.


Maka dari itu, sejak dari saat ini sudah dianjurkan pengisian perencanaan guru dan kepala sekolah pada tahun ini, pengisiannya dilakukan lewat sistem PMM.

Usai perencanaan kinerja yang diajukan oleh Guru memperoleh persetujuan dari Kepala Sekolah, Guru bisa langsung memulai pelaksanaan kinerja.

Dibawah ini panduan pengisian bukti dukungan e kinerja di PMM atau pelaksanaan kinerja pada platform Merdeka Mengajar. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Klik ‘Pengelolaan Kinerja’ di menu Beranda pada platform Merdeka Mengajar
  2. Untuk Anda yang saat ini mengakses pengelolaan kinerja melalui aplikasi PMM pada perangkat Android, maka Anda akan menerima notifikasi yaitu berupa rekomendasi untuk mengakses pengelolaan kinerja melalui laptop. Silahkan langsung saja akses pengelolaan kinerja melalui desktop maupun laptop untuk memperoleh pengalaman terbaik.
  3. Klik ‘Tetap di sini’ apabila Anda masih ingin mengakses pengelolaan kinerja lewat aplikasi.
  4. Klik ‘Cek langkah observasi’ untuk Anda memulai pelaksanaan kinerja
  5. Kemudian, Anda bisa langsung memulai untuk mengisi Pelaksanaan Kinerja secara berurutan sesuai dengan kegiatan yang dilakukan. Anda tidak dapat masuk ke langkah selanjutnya jika belum melakukan penyelesaian pada kegiatan sebelumnya.

Cara Kumpulkan Dokumen Refleksi Tindak Lanjut

  1. Klik ‘Isi dokumen’ untuk Anda bisa mengumpulkan dokumen persiapan pada pelaksanaan observasi.
  2. Di halaman Dokumen Persiapan, Anda bisa langsung menemukan beberapa hal yang perlu dilakukan, sebagaimana halnya berikut:
  • Klik ‘Apa itu tujuan dokumen ini?’ untuk memperoleh informasi mengenai tujuan dari dokumen persiapan tersebut.
  • Klik ‘Cek Rubik Observasi’ untuk memperoleh informasi terkait dengan fokus perilaku yang diobservasi oleh Kepala Sekolah berdasarkan dari indikator yang digunakan pada tahap Perencanaan Kinerja
  • Anda bisa langsung memilih minimal satu perilaku yang ingin diperbaiki serta juga dipelajari oleh Anda dengan cara memberikan tanda ceklis pada kotak
  • Anda bisa langsung menuliskan langkah yang akan Anda lakukan untuk mempelajari Target Perilaku yang telah dipilih sebelumnya.
  • Anda juga bisa mengatur ‘Jadwal Observasi’ dengan Kepala Sekolah, dan pastikan untuk berdiskusi terlebih dahulu sebelum akhirnya menetapkan jadwal.
  • Akan tetapi, apabila jadwal yang diajukan tidak sesuai, Guru bisa berdiskusi dengan pihak kepala sekolah di luar dari jadwal yang telah ditetapkan.
  • Anda bisa juga mengunggah dokumen RPP/Modul ajar yang akan digunakan ketika observasi kelas. 

  1. Klik ‘Kumpulkan’ apabila Anda sudah mengisi dokumen persiapan serta mengunggah dokumen RPP/Modul atau.
  2. Klik ‘Simpan Draf’ apabila Anda ingin berhenti sejenak pada saat sedang mengisi dokumen persiapan serta akan kembali melakukan pengisian di lain waktu..
  3. Kemudian, akan muncul tampilan konfirmasi untuk dokumen persiapan bisa dikumpulkan. Apabila dokumen telah sesuai, klik ‘Kumpulkan’, tapi apabila Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu untuk diketahui dokumen yang sudah ll dikumpulkan tidak dapat dilakukan perubahan kembali.
  4. Usai Anda mengumpulkan dokumen persiapan, maka Anda bisa memulai untuk mempelajari upaya yang ingin dilakukan sesuai dengan dokumen yang sudah dikumpulkan.
  5. Kepala Sekolah akan melakukan observasi kelas berdasarkan dari jadwal yang telah ditentukan, Anda bisa langsung klik ‘Cek Rincian’ untuk melihat terkait dengan detail observasi.

Seperti itu kiranya informasi terkait dengan SESUAI PETUNJUK PERDIRJEN GTK, Semoga bermanfaat


Surya A Mahendra
Surya A Mahendra Hanya seorang Guru yang mecoba untuk ngeblogger

Post a Comment